Resensi Novel "Pudarnya Pesona Cleopatra" ( Habiburrahman El Shirazy )

Sabtu, 02 Februari 2013


Novel mini 1 : Pudarnya Pesona Cleopatra

“Pudarnya Pesona Cleopatra” berisi tentang seorang anak laki laki yang dijodohkan sejak kecil bahkan masih dalam kandungan oleh Ibunya. Dia akan dijodohkan dengan seorang gadis yang tidak dia kenal bahkan tidak pernah dia lihat. Namun dia tidak tega menolak permintaan Ibunya yang sangat ia cintai dan dia tidak ingin menjadi anak durhka.
Perempuan itu bernama Raihana. Dia dua tahun lebih tua,tapi wajahnya baby face dia juga lulusan terbaik di kampusnya dan hafal Alquran
Akhirnya dia menerima untu menikah dengan gadis pilihan Ibunya. Padahal didalam hatinya , dia menginginkan istri yang dia dambakan selama ini yaitu titisan kleopatra gadis gadis mesir yang cantik , tinggi semampai, berwajah putih, denga hidung melengkung indah. Namun, semua harapan dan keinginannya akan lenyap kerena dia akhirnya menikah dengan gadis pilihan Ibunya.
Setelah menikah dengan Raihana, dia tidak bisa mencintai Raihana, dia malah membuat hati Raihana sakit dan kecewa. Hari demi hari, bulan berganti bulan sikapnya tidak berubah terhadap Raihana. Setelah satu tahun, akhirnya Raihana hamil , dan selama hamil  itu pula dia tidak pernah memperhatikan istrinya yaitu Raihana. Sehigga, setelah hamil enam bulan Raihana memutuskan untuk tinggal bersama Ibunya dengan alasan kesehatan. Selama Raihana dirumah Ibunya, dia tidak pernah dijeguk atau dicari oleh suaminya. Hingga kehamilan Raihana mengrinjak delapan bulan.
Perjalanan hidup pak Agung dan pak Qalyubi menyadarkannya. dia teringat Raihana dan ingin berjumpa dengannya. Saat dia ke kontrakan untuk mengambil ATM Raihana, tidak sengaja dia menemukan puluhan kertas merah jambu. Ternyata itu adalah surat-surat ungkapan batin Raihana yang selama ini di zhaliminya. Dia sadar bahwa Raihana adalah perempuan terbaik untuk dirinya, namun saaat dia ingin minta maaf dan mencari istrinya ternyata tuhan berkehendak lain, istri dan anak yang masih didalam kandungan meninggal dunia seminggu sebelum dia sempat meminta maaf kepada istrinya.

Novel mini 2 : Setetes Embun Cinta Niyala
“setetes embun cinta niyala” berisi tentang kisah hidup seorang gadis yang bernama Niyala, dia adalah mahasiswa kedokteran yang sebentar lagi akan diwisuda. Namun kebahagiaan seakan lenyap ketika ayah yang sangat dia cintai mengirim surat dan memberitahukan kabar yang membuat hati Niyala terpukul dan sakit. Dia akan dinikahkan dengan laki laki yang dulu ingin merenggut kesuciannya dan menghancurkan hidup sahabatnya hanya untuk melunasi hutang ayahnya yang sangat banyak kepada ayah Roger yaitu Haji Cosmas.
Niyala tidak ingin menyerakan seluruh hidupnya kepada laki laki yang berperilaku layaknya setan, tapi disisi lain dia tidak tega menolak permintaan ayah yang sangat dia cintai dan tidak ingin menjadi anak durhaka. Semua kejadian ini membuat Niyala sakit dan tidak tahu harus berbuat apa hingga akhirnya kakak angkat Niyala pulang dari London,usai S2-nya. Umi angkat Niyala menyuruh kakaknya pulang karena agar bisa melihat adiknya di wisuda.
Niyala dan uminya begitu bahagia menanti kepulangan kakaknya yaitu Faiq. Setelah kakaknya tiba dirumah, yaitu dua hari sebelum Niyala diwisuda, rumah mereka menjadi ramai karena Faiq kakak angkat Niyala sangat pandai melucu, selain dia pintar, tampan, dan penghapal Al Qur’an. Namun, saat tengah malam Faiq melihat adiknya menangis tiada henti dibelakangnya saat shalat malam. Niyala ditanya malah tidak membuka suara, dia hanya terus menangis.
Akhirnya hari yang sangat Niyala takutkan datang juga , Ayah dan kakaknya datang untuk meminta jawaban Niyala apakah dia mau menerima lamaran pak Haji Cosmas. Saat Faiq dan Niyala menjemput ayah dan kakak kandung Niyala ke Pulo Gadung. Di tengah perjalanan Niyala mengajak Faiq turun dan menceritakan perihal surat dari ayahnya secara terperinci. Niyala juga meminta bantuan Faiq untuk menolak lamaran pak Cosmas 
Namun masalah yang dihadapi Niyala sudah diketahui oleh kakaknya Faiq dan bersedia menikahi Niyala dengan mahar yang begitu banyak yaitu uang tunai sebesar 85 juta agar ayah Niyala bisa membayar hutangnya. Akhirnya Faiq dan Niyala menikah dan menjadi suami istri.
Kedatangan Pak Rusli Hasibuan dan Herman disambut hangat oleh Umi. Malam itu nampak lima orang duduk di meja makan. Saat pak rusli menanyakan Niyala perihal lamaran pak Cosmas. Tetapi justru Faiq yang berbicara. Faiq mengatakan kalau Niyala telah mencintai seseorang dan sudah terjalin tak kurang dari sebelas tahun. Dan orang itu adalah Muhammad Faiq bin Saiful Anam yang tak lain dirinya sendiri. Umi, pak Rusli dan Herman pun merestui mereka. Faiq memberi tahu bahwa Akad nikah akan di laksanakan malam itu juga.

0 komentar:

Poskan Komentar